Surat Waqi’ah : Fadilah dan Doanya

2 min read

Surat Waqiah adalah satu dari 3 surat utama. Inilah penjelasan keutamaan dan doanya.

Bismillaahir rahmaanir rahiim

Fadilah Surat Waqi’ah

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

مَنْ قَرَأَ الْوَاقِعَةَ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ يَفْتَقِرْ

“Siapa saja membaca surat al- Waqi’ah setiap malam, ia tidak akan menjadi fakir” (HR. Al-Baihaqi)

Diriwayatkan ketika sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud menderita sakit menjelang kematiannya, ia dijenguk oleh Sayidina Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhuma. Keduanya lalu terlibat dalam pembicaraan.

“Apa yang engkau rasakan ?” tanya Utsman

“Aku merasakan dosa dosaku” Jawab Abdullan bin Mas’ud

“Apa engkau menginginkan sesuatu ?” Utsmanbertanya lagi

“Aku hanya menginginkan rahmat, kasih sayang, dari Tuhanku”

Lalu sayidina Utsman bin Affan menawarkan, “Maukah engkau aku panggilkan dokter ?”

Abdullah bin Mas’ud menjawab, “Dokter hanya akan membuatku semakin sakit”

“Bagaimana jika aku perintahkan agar engkau mendapat bantuan keuangan. Beberapa tahun ini, setiap engkau diberi bantuan, selalu menolak”.

Abdullah bin Mas’ud menjawab, “Aku sama sekali tidak membutuhkanny”

“Tapi bantuan keuangan ini kelak bisa dimanfaatkan untuk anak anakmu”

Dengan mantap Abdullah bin Mas’ud menjawab, “Apakah engkau mengkhawatirkan bahwa putri putriku akan menjadi miskin ? Aku telah memerintahkan putri putriku untuk membaca surat al- Waqi’ah setiap malam. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “barangsiapa yang membaca surat al- Waqi’ah setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kemiskinan selama lamanya”.

Doa Surat Waqi’ah

Do’a 1

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

أَللّٰهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِالْيَسَارِ وَلَا تُوْهِنَّا بِالْإِقْتَارِ، فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِى رِزْقِكَ، وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَ خَلْقِكَ، وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ أَعْطَانَا، وَنُبْتَلٰى بِذَمِّ مَنْ مَّنَعَنَا، وَأَنْتَ مِنْ وَرَۤاءِ ذٰلِكَ كُلِّهٖ أَهْلُ الْعَطَاۤءِ وَالْمَنْعِ.

Ya Allah, jagalah kehormatan kami dengan kecukupan (harta). Janganlah Engkau hinakan kami dengan kekurangan (harta), jangan sampai kami harus meminta minta dari orang-orang yang juga mencari rezeki dari-Mu, jangan sampai kami mengharap belas kasih dari hamba-Mu yang bersikap buruk, sehingga kami repot untuk (harus) memuji muji orang yang memberi kami, dan mencela orang yang menolak kami. Padahal hakikatnya hanya Engkaulah yang bisa memberi maupun menolak.

اللّٰهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجُوْهَنَا عَنِ السُّجُوْدِ إِلَّا لَكَ، فَصُنَّا عَنِ الْحَاجَةِ إِلَّۤا إِلَيْكَ، بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ. يَاۤأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ ( ٣ ) أَللّٰهُمَّ أَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ.  وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلَّمَ.

Ya Allah, sebagaimana telah Engkau jaga wajah kami agar tidak sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami agar tidak mempunyai hajat kecuali kepadaMu, demi kemurahan, kedermawanan dan kebaikanMu, wahai yang Maha Pengasih di antara para pengasih (3 X)

Ya Allah cukupkanlah (hajat) kami dengan anugerahMu, bukan kemurahan orang lain. Shalawat serta salam Allah semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, juga kepada keluarga dan sahabat beliau.

Do’a 2

أَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَىۤ اٰلِ سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَهَبْلَنَا بِهٖ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ اٰلِهٖ وَسَلَّمَ مِنْ رِّزْقِكَ الْحَلَالِ الطَّيّبِ الْمُبَارَكِ، مَاتَصُوْنُ بِهٖ وُجُوْهَنَا عَنِ التَّعَرُّضِ إِلَىۤ أَحَدٍ مِّنْ خَلْقِكَ.

Ya Allah limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan keluarga beliau. Demi kemulian beliau di hadapanMu, berilah kami sebagian dari rizkiMu yang halal, baik, dan berkah, sehingga kami tercegah dari menoleh (untuk meminta pertolongan) kepada siapapun dari makhlukMu.

وَاجْعَلِ اللّٰهُمَّ لَنَا إِلَيْهِ طَرِيْقًا سَهْلَةً مِّنْ غَيْرِ فِتْنَةٍ وَّلَامِحْنَةٍ وَّلَامِنَّةٍ وَّلَاتَبِعَةٍ لِّأَحَدٍ. وَجَنِّبْنَا اللّٰهُمَّ الْحَرَامَ حَيْثُ كَانَ وَأَيْنَ كَانَ وَعِنْدَ مَنْ كَانَ، وَحُلْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ أَهْلِهٖ، وَاقْبِضْ عَنَّاۤ أَيْدِيَهُمْ وَاصْرِفْ عَنَّا وُجُوْهَهُمْ وَقُلُوْبَهُمْ، حَتّٰى لَا نَتَقَلَّبَ إِلَّا فِيْمَا يُرْضِيْكَ، وَلَا نَسْتَعِيْنَ بِنِعْمَتِكَ إِلَّا فِيْمَا تُحِبُّهٗ وَتَرْضَاهُ. بِرَحْمَتِكَ يَاۤأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Jadikanlah untuk kami, Ya Allah, jalan yang mudah untuk mencapainya, tanpa ujian, cobaan, diungit ungkit, dan tanpa konsekuensi kepada siapa pun. Jauhkanlah kami, Ya Allah, dari hal hal yang haram, dalam keadaan apa pun, dari mana pun dan pada siapa pun. Bebaskan kami dari pelakunya, lepaskan kami dari cengkeramannya, palingkan wajah dan hati kami dari mereka, hingga kami hanya beraktifitas dengan apa apa yang Engkau ridhoi, dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih di antara para pengasih.

أَللّٰهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقُنَا فِى السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ، وَإِنْ كَانَ فِى الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَإِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ، وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ قَلِيْلًا فَكَثِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ مَعْدُوْمًا فَأَوْجِدْهُ، وَإِنْ كَانَ مَوْقُوْفًا فَأَجْرِهٖ، وَإِنْ كَانَ ذَنْبًا فَاغْفِرْهُ، وَإِنْ كَانَ سَيِّئَةً فَامْحُهَا، وَإِنْ كَانَ خَطِيْئَةً فَتَجَاوَزْ عَنْهَا، وَإِنْ كَانَ عَثْرَةً فَأَقِلْهَا، وَبَارِكْ لَنَا فِى جَمِيْعِ ذَالِكَ، إِنَّكَ مَلِيْكٌ مُّقْتَدِرٌ. وَمَا تَشَاءُ مِنْ أَمْرٍ يَكُوْنُ. يَا مَنْ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا إِنَّمَا يَقُوْلُ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ.

Ya Allah, jika rizki kami ada di langit maka turunkanlah. Jika ada di bumi maka keluarkanlah. Jika sulit maka mudahkanlah. Jika jauh maka dekatkanlah. Jika haram maka sucikanlah. Jika sedikit maka perbanyaklah. Jika tidak ada maka wujudkanlah. Jika buntu maka alirkanlah. Jika berupa dosa maka ampunilah. Jika berupa keburukan maka hapuskanlah. Jika berupa kesalahan maka maafkanlah. Jika membuat tersandung maka singkirkanlah penghalangnya, dan berkahilah kami dalam semua itu, sesungguhnya Engkau Raja yang Maha Kuasa. Apa pun yang Engkau kehendaki pasti terjadi, wahai Dzat yang jika menghendaki sesuatu, Ia berkata “terjadi”, maka pasti terjadi.

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Semoga shalawat dan salam selalu dilimpahkan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, juga kepada keluarga dan para sahabat beliau. Maha suci Tuhanmu yang Maha Perkasa dari apa yang mereka katakan, semoga salam kesejahteraan dilimpahkan kepada para rasul. Segala puji hanya milik Allah pencipta dan pemelihara seluruh alam.

Doa surat Waqiah untuk Hp bisa download di :

Format Word : https://drive.google.com/open?id=1i97piVlAR9Wda-h2wwz4Gw6rxkK5XbC6

Format Pdf : https://drive.google.com/open?id=1-Xs8wx02vM56VHgbH_qwP9vabU2qgMSM

Demikian semoga bermanfaat, Amiin,,,

Wallahu A’lam

Alhamdulillaahi robbil ‘alamin

Kertanegara, Jum’at Legi, 5 Juli 2019 M / 2 Dzulqo’dah 1440 H

Baca juga Fadhilah Surat Yasin : https://www.mqnaswa.com/fadhilah-surat-yasin-dan-doanya-1-fadhilah-fadhilahnya/ dan https://www.mqnaswa.com/fadhilah-surat-yasin-dan-doanya-2-beberapa-doa-yasin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *