Do’a Indah dari Abuya dalam Kitab Tahqiqul Amal

1 min read

Pengajian Ke-1 Kitab Tahqiqul Amal tentang isi kitab dan ditutup do’a indah dari Abuya Sayid Muhammad bin Alwi al-Maliki.

Bismillaahir rahmaanir rahiim

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى أَشْرَفِ  الْمُرْسَلِيْنَ. سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ أَجْمَعِيْنَ.

Muqaddimah (Pendahuluan)

Segala puji hanya milik Allah, Maha Pencipta dan Pemelihara semesta alam. Shalawat dan salam semoga tercurah atas paling mulianya utusan Allah, Sayidina Muhammad ﷺ , juga atas keluarga dan sahabat beliau semuanya.

Amma Ba’du :

Ini adalah risalah yang sangat penting, yang mencakup pembahasan ilmiyah (berdasarkan ilmu yang benar), mengenai sampainya bacaan (Qur’an, dzikir, do’a) dan amal amal shaleh yang lain, kepada orang yang sudah meninggal. Juga membahas hal-hal yang berkaitan dengan itu, seperti talqin mayit, dan takziyah. Aku menamai risalah ini : Tahiqiqul Amal fi ma Yanfa’ul Mayyiti minal A’mal (Mewujudkan Cita-cita, sebuah risalah yang menjelaskan tentang amal-amal yang bermanfaat untuk orang yang telah meninggal).

Kami memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar risalah ini bermanfaat dan menjadikan penulisan risalah ini semata mata untuk mendapatkan ridlo-Nya yang Maha Dermawan. Semoga Allah memperlihatkan kepada kita “kebenaran sebagai kebenaran”, lalu memberi rizki kepada kita untuk bisa mengikuti kebenaran itu, sebaliknya, semoga Allah memperlihatkan “kebatilan sebagai kebatilan”, dan memberi kita kemampuan untuk menjauhinya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Kuasa. Dialah yang maha Menerima Do’a serta sebaik baik tempat kita bersandar. Tidak ada taufik (petunjuk) kecuali hanya karena pertolongan Allah. Kepadanya hamba bertawakal dan kepada-Nya pula hamba memasrahkan diri.

سُبْحَانَكَ اللهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ. عَمِلْتُ سُوْءًا وَظَلَمْتُ نَفْسِيْ، فَاغْفِرْلِيْ فَإِنَّهٗ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ.

أَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْئَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ، وَالْمَالِ وَالْأَهْلِ وَالْبَدَنِ. اللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْئَلُكَ الرِّضَا، وَالْعَفْوَ عَمَّا مَضٰى، وَاللُّطْفَ فِيْمَا يَجْرِى بِهِ الْقَضَا.

وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلٰى خَاتَمِ رُسُلِهٖ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ أَجْمَعِيْنَ

Maha suci Engkau yang Allah lagi Maha Terpuji. Hamba bersaksi, tidak ada tuhan kecuali hanya Engkau. Hamba mohon ampun dan bertaubat padaMu. Hamba telah melakukan keburukan serta mendhalimi diri sendiri, maka ampunilah hamba. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa dosa kecuali Engkau saja.

Ya Allah, hamba memohon pada Tuan, kemaafan dan keselamatan dalam urusan agama, dunia, akhirat, harta keluarga dan badan. Ya Allah, hamba memohon keridloan Tuan, kemaafan atas apa yang telah hamba lakukan, serta memohon kelembutan Tuan pada takdir yang akan Tuan tetapkan atas hamba.

Semoga rahmat keagungan serta kesentosaan selalu terlimpah atas penutup para utusan-Nya, Sayidina Muhammad  Sayidina Muhammad , juga atas keluarga dan shahabat beliau semuanya.

.

Penulis :

Sayid Muhammad bin Sayid Alawi Al-Maliki Al-Hasani

Khadimul Ilmisy Syarif bil baladil haram

 

Bagian akhir dari muqaddimah di atas adalah do’a indah dari seorang guru kita yang mulia, Abuya Sayid Muhammad, semoga kita bisa menghayati maknanya dan mengamalkannya. Amiin,,

baca juga : Ijazah Dzikir Basmalah dari Sayid Muhammad di : https://www.mqnaswa.com/wirid-basmalah-syaikh-abdul-qodir-al-jailani/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *